Jumat, 10 Oktober 2008

Toko K5 - Kelipatan Lima Ribu


Business Description

Jaringan toko dengan konsep barang beraneka ragam yang sedang dan akan populer di pasar dengan harga kelipatan Rp. 5.000,-

Investasi Awal : Rp. 175.000.000,-

K 5 ( baca: kei faiv ) adalah jaringan toko dengan konsep menyediakan barang beraneka ragam (multi product) yang sedang dan akan populer di pasar dengan harga kelipatan Rp. 5.000,-

Motto K 5 adalah What’s on today?
( Apa yang sedang dijual di K5)

Jenis barang yang dijual meliputi alat rumah tangga, barang gift, stationery, mainan anak, asesoris, alat tukang dan lainnya.

Apa yang membedakan outlet K5 dengan toko serba ada lainnya yang menjual barang sejenis ? Sekilas barang2 yang ada di outlet K 5 dengan yang ada di toko serba ada adalah sama

Keunggulan dari outlet K5 bisa disebutkan sebagai berikut:

1.Karakteristik Barang
Terdapat banyak sekali bahkan ribuan barang sejenis dengan berbagai desain, warna, kualitas, dan produsennya.

Produk K5 lebih mengutamakan jenis barang dengan ciri2:

a. Pemilihan desain atau warna atau inovasi produk yang unik dan terbaru.
b. Digunakan oleh banyak orang, meskipun produk tersebut telah lama di pasar.
c. Stok barang tak bergerak ( Dead stock) sangat kecil, karena produk tersebut merupakan kebutuhan banyak orang dan tidak dapat busuk/ usang. Berakibat nilai asset cenderung bertambah karena harga barang terus meningkat.

2. Karakteristik Harga
a. Harga produk termurah senilai Rp. 5.000/3pcs
b. Untuk produk yang umum digunakan banyak orang, kami menjual dengan harga jual yang murah dibandingkan dengan pesaing lain. Dan produk tersebut juga dipakai sebagai produk unggulan pada periode tertentu.
b. Sering konsumen merasa enggan masuk ke suatu toko karena merasa harganya mahal. Disini konsep Harga Kelipatan Rp.5.000,- memberikan kesan di pikiran konsumen bahwa mereka mampu membeli produk di outlet K5 sebelum mereka datang dan memutuskan membeli. Meskipun sering terjadi konsumen membeli barang seharga Rp 50.000 dan lebih karena menyadari keunikan produk tersebut dan tidak dijumpai di toko lainnya.

3. Karakteristik Penyusunan Barang
a. Penyusunan barang (Display) sangat penting dalam bisnis retail. Karena dengan display yang menarik, meningkatkan konsumen dalam membeli.
b. Selalu ada pilihan barang yang dipromosikan dengan display yang menarik.

4. Karakteristik Interior dan Exterior
Interior dan exterior outlet sangat menentukan ketertarikan outlet bagi konsumen. K5 menggunakan kombinasi warna berani mencolok yaitu oranye,
merah dan putih/ hitam sebagai karakteristik interior dan exterior oulet.
Interior menyangkut juga informasi produk dan harga yang komunikatif dengan konsumen.

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bisnis retail, K5 menawarkan kepada masyarakat untuk bergabung dalam kerja sama franchise. Dimana penerima franchise akan mendapatkan dukungan manajemen minimal untuk keempat karakteristik yang telah disebutkan diatas.

Persyaratan franchise K5:

Luas area: minimal 40 m2, berbentuk ruko atau toko di pusat belanja.
Lokasi: - Ruko berada di jalan utama kelas 2 yang dilewati angkutan umum 2 jalur, kendaraan bermotor, pejalan kaki.
- Dekat keramaian, pemberhentian bis/mikrolet, ojek.
- Sangat dekat dengan minimarket terkenal: Alfamart, Indomart, Omi dll
- Toko di pusat belanja yang berada didekat pintu masuk, atau dekat pintu parkir.

Investasi Awal

Illustrasi Luas area 40 m2 dengan sistim ruang usaha status milik.

Franchise Fee : Free
Royalty Fee : Free
(Penawaran berlaku pembukaan outlet s/d 31 Des 2006)
Masa kontrak : 5 tahun
Barang dagangan : Rp. 60.000.000
Jaminan belanja : Rp. 20.000.000
T o t a l Rp. 80.000.000 ( Fixed )

Biaya promosi dan praoperasional: Rp. 15.000.000 (Fixed)
- biaya survey, lay out & desain
- reklame
- spanduk, brosur, hadiah, badut acara
- dekorasi interior / eksterior

Renovasi, Peralatan rak dan mesin kasir: Rp. 80.000.000 (Flexible)
- pemasangan kaca /shop front
- rak supermarket, rak kaca, meja display
- mesin kasir dan meja.

Nilai investasi renovasi dan peralatan disesuaikan dengan lokasi yang diajukan.

Illustrasi Perhitungan Modal Kembali ( Pay Back Period )
Investasi awal : Rp. 175.000.000
Penjualan (per tahun) : Rp. 540.000.000
Keuntungan kotor
(Rata2 25%) : Rp. 135. 000.000
- Biaya gaji Rp. 30.000.000
- Biaya listrik/air Rp. 12.000.000
- Biaya stationery Rp. 4.000.000
T o t a l Rp. 46.000.000

Keuntungan bersih Rp. 89.000.000

Modal kembali dalam: Rp. 175/Rp. 89 = 1.9 tahun

0 komentar:

Template by - OrChad